VISI DAN MISI
- VISI
Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah juga diharapkan dapat sejalan dengan visi yayasan yang menaunginya, yaitu Yayasan Madrasatul Qur’an Tebuireng yang mempunyai visi “mencetak insan yang hamilil Qur’an lafdhon, wa ma’nan wa amalan”. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas.
Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Al Furqan MQ, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMP Al Furqan MQ adalah:
“Terciptanya Insan Qurani, Cerdas, Terampil yang Berwawasan Lingkungan”
- MISI
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an secara efektif dan efisien dengan menggunakan metode Talaqqi yang sudah dikembangkan oleh sekolah.
- Menyelaraskan budaya dan lingkungan sekolah sesuai pedoman Al-Qur’an sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak mulia, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
- Meningkatkan mutu pembelajaran secara efektif dan efisien dengan pendekatan Saintifik.
- Melaksanakan pelatihan dalam berbagai aspek untuk mewujudkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, berdedikasi tinggi dan berwawasan lingkungan.
- Membimbing dan mendampingi setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya melalui budaya literasi sehingga dapat berkembang secara optimal.
- Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan dalam pembelajaran.
- Mewujudkan Kurikulum Sekolah, TP, ATP, dan KKM yang progresif dan bermutu.
- Mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh dan aspiratif dengan mengaktifkan peran serta masyarakat.
- Mewujudkan perencanaan, proses dan hasil penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan.
- Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, transparan dan akuntabel.
- Mewujudkan fasilitas sekolah yang memadai sesuai standar sekolah berwawasan lingkungan.
- Mewujudkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekolah yang nyaman, aman.
- Memfasilitasi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan diferensiasi belajar mereka.